Latest Movie :

Teknik Zooming

Zooming merupakan teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa pada saat eksposure. Perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom.
Untuk mendapatkan kesan gerak, Anda harus menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik. Pada saat pemotretan, dalam waktu bersamaan dengan proses eksposure, titik fokus lensa diubah dengan menarik lensa zoom ke dalam atau ke arah luar (untuk jenis zoom yang ditarik) atau dengan cara menggeser titik fokus lensa ke kiri atau ke kanan (untuk lensa zoom jenis gelang). Sebaiknya, gunakan tripod untuk menopang kamera pada saat pemotretan. Tempatkan subjek utama pada bagian tengah foto. Pada bagian ini, ketajaman gambar relatif lebih baik dari bagian lain.
Efek zooming terbaik akan diperoleh jika background memiliki kontras dan warna yang bervariasi. Besarnya efek zooming yang diperoleh tergantung pada berapa cepat gerakan tangan Anda mengubah fokus pada saat eksposure. Teknik ini dapat digunakan baik pada siang hari atau pada malam hari/kondisi pencahayaan kurang. Jika pemotretan dilakukan malam hari, Anda dapat memakai waktu pencahayaan lama dan akan memperoleh efek lampu yang membentuk garis-garis panjang cahaya.



Teknik Zooming Fotografi
Fokuskan obyek tepat ditengah kemudian di zoom sampai full dekat
Sambil memencet tombol shoot putar gelang zoom ke zoom out atau menjauh.Untuk lebih aman terhadap lensa gunakan pilihan manual focus.Gunakan Speed sedikit rendah misal 1/10s dan diafragma menyesuaikan.Sebaiknya menggunakan tripod untuk menjaga fokus agar maksimal.Untuk memperoleh kesan zooming yang menarik, pilih background yang memiliki kontras dan banyak warna.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Design Website By | Johny | Blogger
Copyright © 2014. 方濟各沙勿略 - Asian Street Style and Fashion |
Francisxaviersta Photography | JL. Magelang Km.10 No 23 Tridadi SlemanYogyakarta
Phone: +62817 709211 | BB: 5AA0A240 | Instagram: francisxaviersta | francisxaviersta@gmail.com |